Home » » PENGALAMAN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

PENGALAMAN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

BELAJAR DARI PENGALAMAN
belajar  bikin foto bokeh

Tidak ada orang yang sempurna dalam hidup ini, ketika manusia di lahirkan , dia hanya membawa tangisan setelah dia meminum air susu ibu, lambat laun kepandaian yang di tularkandari ibu akan memenuhi otak si anak, sang anak tidak akan mengerti apa apa, tatkala ia hanya hidup di samping orang tuanya, tanpa bergaul dengan lingkungan nya ia hanya akan memiliki kepandaian yg di miliki orang tuanya, setelah dia berinteraksi dengan lingkungan dia akan belajar dari lingkungan yang membesarkankan nya, bila anak tersebut hidup di lingkungan yang agamis, ia akan menjadi anak yang mengerti akan sang pencipta, bila sang anak hidup di lingkungan seni dia akan mengerti seni kehidupan termasuk seni dalam menjalani hidup, gimna hidup itu bukanlah suatu hal yang monoton tetapi harus menyesuaikan dengan lingkungan. pengalaman merupakan cara belajar yang bisa dilakukan oleh segala lapisan usia, terutama anak-anak. untuk menunjang tumbuh kembang anak, pengalaman dapat menjadi salah satu cara mereka mempelajari kehidupan. cara belajar seperti ini bisa dilakukan oleh anak dari hal yang paling sederhana seperti mengeksplorasi, menjelajah, menciptakan. 
Bentuk pembelajaran melalui pengalaman merupakan cara belajar yang tidak terstruktur, tanpa kaidah atau batas waktu, dan melibatkan sedikit bimbingan orang dewasa. Anak diberi kesempatan untuk belajar secara alami, sesuai minat mereka. Proses pembelajaran yang tidak terstruktur seperti ini memiliki ragam kegiatan yang lebih banyak untuk dicoba. Beberapa di antaranya dapat dilakukan lewat aktivitas seperti membiarkan anak bermain di luar ruangan, bermain peran atau imajinatif, ekspresi kreatif melalui seni, musik, dan tari, serta eksplorasi alam dan lingkungan di sekitar anak,
Mengeksplorasi lingkungan secara independen akan secara otomatis memicu anak untuk berpikir. Hal ini dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri anak dan akan lebih memicu mereka untuk berani dan tidak takut berusaha untuk mencapai keberhasilan. Selain itu, dengan memberikan kepercayaan dan kebebasan pada anak, hal ini secara tidak langsung juga dapat membangun rasa saling percaya antara anak dengan orangtua sehingga mempererat ikatan antara orangtua dan anak sebagai keluarga dalam mencapai tahap perkembangan yang signifikan.
Belajar melalui pengalaman terjadi di luar struktur kurikulum ruang kelas dan dapat dilakukan oleh setiap anak kapanpun dan di manapun, seperti di rumah, saat bermain, saat liburan, atau di akhir pekan. Namun sayangnya, kini lebih sedikit anak yang terlibat dalam kegiatan tidak terstruktur dibandingkan orangtua mereka semasa kecil. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari teknologi canggih (mainan, TV, video game, Internet, dan jejaring sosial) hingga kekhawatiran orangtua akan keselamatan, kebersihan, dan kurangnya ruang bermain yang memadai.

LEBRANI PASKALIA OKTY ANANTA
PENGALAMAN ADALAH GURU YANG PALING BAIK
puti kecilku LEBRANI
*
hasil jepretan putri kecilku

1 komentar:

  1. Benar sekali, dengan adanya pengalaman sebenyar kita mendapatkan hasil dari belajar, pengalamn=belajar, belajar sama dengan mencari pengalaman.

    BalasHapus

Tinggalkan Pesan Anda di kolom coment ya....
Terimakasih Atas Kunjungannya

 
Support : ZOE | MARCOOM | PASKALIA
Copyright © 2013. Paskalia's diary Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger